Kesalahan Dalam Mengelola Bisnis Online

Bisnis online (online shop) menjadi model bisnis yang populer akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan bisnis online memiliki berbagai kelebihan, yaitu mudahnya melakukan promosi seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern yang selalu menggunakan gadget, biaya promosi yang cenderung murah, kemudahan dalam mengelola bisnis online dan tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membuat toko. Meskipun demikian, tidak semua pelaku online shop dapat mengoptimalkan kelebihan tersebut, sehingga terjadi beberapa kesalahan dalam pengelolaan online shop, berikut beberapa di antaranya :

1.       Foto produk yang tidak jelas

Ketika kita berjualan secara online, foto produk menjadi hal yang penting, karena melalui foto konsumen akan memperoleh gambaran mengenai produk yang Anda jual. Sebaiknya Anda menampilkan gambar terbaik dari produk dan sebisa mungkin gambar tersebut dalam resolusi yang baik, sehingga konsumen mengetahui secara rinci kondisi dari produk yang Anda jual. Hindari menggunakan foto yang asal-asalan atau hanya asal ambil dari internet dan sama sekali tidak mencerminkan produk yang Anda jual.

2.       Tidak ada penjelasan detail mengenai produk yang dijual

Ketika Anda berjualan secara online, konsumen tidak dapat melihat langsung produk yang Anda jual, oleh karena itu berikan penjelasan terperinci dan spesifikasi seperti bahan, ukuran, warna, harga serta informasi pendukung lainnya. Kebanyakan usaha toko online tidak berkembang salah satu penyebabnya adalah dari informasi produk itu sendiri, yang kurang lengkap atau bahkan tidak dicantumkan. Sehingga informasi produk sangatlah penting

3.       Barang yang diterima konsumen tidak sesuai seperti yang dijanjikan

Kepercayaan pelanggan menjadi hal yang penting ketika Anda berjualan secara online. Salah satu kepercayaan yang bisa diciptakan dalam bisnis online adalah pada saat pengiriman barang kepada pelanggan. Mulai dari kondisi barang yang bagus dan ketetapan waktu pada saat barang datang. Banyak toko online yang gagal mendapatkan kepercayaan itu karena lalai ketika mengirim barang. Mulai dari kesalahan alamat, keterlambatan waktu sampai, hingga produk yang datang tidak sama dengan yang difoto dan dengan yang dipesan.

4.       Lambat dalam melayani pembeli

Tidak jarang pembeli mengajukan pertanyaan mengenai produk anda atau konfirmasi pembayaran. Hal ini biasanya terjadi bisa melalui email, sms, telepon, atau bahkan melalui sosial media. Banyak pelanggan meragukan sebuah toko online karena ketika mereka bertanya mengenai suatu produk, tidak segera mendapat jawaban. Hal ini yang membuat pelanggan malas untuk meneruskan transaksi mereka. Sebaiknya ketika pelanggan bertanya mengenai produk anda, jangan biarkan mereka menunggu lama untuk mendapat jawaban dari kita. Usahakan beri mereka jawaban sesegera mungkin.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Rekomendasi Laundry Bag Terbaik di Era Modern

Laundry bag menjadi salah satu bagian penting dalam estetika kamar tidur, adanya laundry bag menjadikan…

5 years ago

Cara membuat gantungan baju untuk usaha laundry / bisnis laundry

Hanger adalah salah satu tempat pakaian yang wajib di miliki oleh semua kalangan, berikut ini…

5 years ago

Mencuci Karpet Bulu agar Tidak Rontok

Cara Mudah Merawat dan Mencuci Karpet Bulu Karpet bulu adalah salah satu karpet yang paling…

5 years ago

Memilih Usaha Laundry (Franchise) atau Membangun Usaha Laundry Sendiri

Ada banyak opsi yang dapat di berikan kepada calon pengusaha, bila anda ingin bergelut dalam…

6 years ago

Memilih Mesin Cuci Untuk Usaha Laundry / Bisnis Laundry

Memilih mesin cuci untuk usaha laundry memang gampang-gampang susah. Semakin populernya jenis bisnis ini belakangan…

6 years ago

Peluang Usaha, Waralaba/Franchise Laundry Sepatu dan Tas

Peluang Usaha / Waralaba laundry sepatu yang peminatnya masih sepi, namun memiliki jumlah konsumen yang…

6 years ago

This website uses cookies.